Sunday , 25 July 2021
Home / Berita / HARI DONOR DARAH SEDUNIA

HARI DONOR DARAH SEDUNIA

Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Hari Donor Darah Sedunia pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004. Tanggal ini ditetapkan atas kesepakatan sejumlah organisasi, yakni WHO, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Federasi Internasional Organisasi Donor Darah, dan Perhimpunan Internasional Transfusi Darah.

Kemudian pada 2005, penetapan Hari Donor Darah Sedunia sebagai event global nasional dilakukan dalam Majelis Kesehatan Dunia ke 58. Mulai saat itulah peringatan ini dilakukan setiap tahun.

Kenapa Diperingati Tiap 14 Juni?

Muncul pertanyaan tentang kenapa WHO dan sejumlah pihak menetapkan tanggal 14 Juni sebagai Hari Donor Darah Nasional. Diketahui tanggal tersebut merupakan hari ulang tahun Karl Landsteiner (1868-1943), seorang ahli biologi dan dokter Austria, yang dianggap sebagai “pendiri” transfusi darah modern.

Pada tahun 1901, Landsteiner menemukan golongan darah ABO, lalu mengembangkan sistem klasifikasi golongan darah modern, dan mengidentifikasinya. Kemudian pada 1937, bersama dengan Alexander S. Wiener, faktor Rhesus, sehingga memungkinkan dokter untuk mentransfusikan darah tanpa membahayakan nyawa pasien.

Tema Hari Donor Darah Sedunia

Untuk tahun ini, Hari Donor Darah Sedunia mengusung tema “Give The Blood and Keep The World Beating”. Tema tersebut menyoroti kontribusi penting yang dilakukan pendonor darah untuk menjaga dunia dengan menyelamatkan nyawa dan kesehatan orang lain, khususnya di masa pandemi COVID-19.

Tema ini juga merupakan bentuk seruan agar lebih banyak orang di seluruh dunia mendonorkan darah secara teratur, terlebih untuk generasi muda.

Check Also

Rapat Koordinasi Pelayanan Covid-19.

Rapat Koordinasi Pelayanan Covid-19. Follow Kami: www.rshd.bengkulukota.go.id FB:RSUD HD Kota Bengkulu IG:rshdkotabengkulu . . . …